Kamis, 07 Desember 2017

KETERTARIKAN PESERTA DIDIK DALAM MEMPELAJARI MATEMATIKA

Belajar adalah hal yang pokok melekat pada diri peserta didik mulai dari tingkat Sekolah Dasar sampai dengan tingkat Perguruan Tinggi. Beberapa faktor yang mempengaruhi belajar ada dua yaitu faktor internal dan factor eksternal. Hasil belajar yang baik akan diperoleh jika berusaha secara maksimal dan strategipembelajaran yang digunakan oleh pendidik itu tepat, serta peserta didik harus memiliki minat terhadap pelajaran tersebut.

Setiap peserta didik mempunyai karakteristik yang beragam. Salah satu peserta didik dapat menempuh kegiatan belajarnya secara lancar dan berhasil tanpa mengalami berbagai kesulitan, sedangkan tidak sedikit pula ada peserta didik yang dalam belajarnya mengalami kesulitan belajar. Kesulitan belajar siswa ditunjukkan oleh hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar dan dapat bersifat psikologis, sosiologis maupun fisiologis sehingga pada akhirnya prestasi belajar yang dicapai di bawah semestinya. Salah satu faktor yang menghambat adalah kurangnya minat peserta didik terhadap pelajaran tersebut.


Masyarakat beranggapan bahwa salah satu mata pelajaran yang menjadi tolak ukur kecerdasan dan kepandaian anak dalam belajar adalah mata pelajaran matematika. Menurut mereka matematika adalah mata pelajaran yang paling baik, berkualitas, dan paling tinggi kedudukannya dibandingankan dengan pelajaran lain.Tetapi mata pelajaran  matematika adalah mata pelajaran yang paling ditakuti  oleh kebanyakan peserta didik dan hanya diminati oleh segelintir peserta didik saja. Hal ini dikarenakan Matemtika dianggap pelajaran yang sangat sulit dan menakutkan. Hal ini terlihat dari pembelajaran yang masih rendah selain itu juga ada faktor yang berperan dalam keberhasilan pembelajaran matematika antara lain kurangnya pemahaman materi, penggunaan metode yang kurang tepat, media yang kurang menarik, proses KBM yang kurang variatif, dan yang terlihat jelas adalah guru belum bisa menumbuhkan  minat siswa terhadap pelajaran Matematika itu sendiri, yang akibatnya siswa kurang termotivasi dalam belajar Matemtika.

Hasil belajar merupakan hasil dari usaha yang telah dilakukan. BelajarMatematika memerlukan strategi yang tepat supaya dapat memperoleh hasil yang maksimal dan berpengaruh pada prestasi belajar peserta didik. Di sini guru harus dapat menggunakan metode  dan cara belajar yang menarik supaya minat belajar matematika siswa itu tinggi. Salah satu usaha guru untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu dengan cara pemberian tugas (Metode Resitasi). Pemberian tugas ini bertujuan supaya siswa tetap belajar di rumah dan memanfaatkan waktu di luar pelajaran jam sekolah, sehingga siswa yang kurang paham terhadap materi yang disampaikan akan lebih mengerti karena adanya latihan di rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar