Untuk memilih kemampuan menyelesaikan
suatu soal cerita sangat diperlukan pengetahuan prasyarat termasuk menguasai
langkah–langkah menyelesaikan masalah/soal cerita tersebut. Menurut Polya
(Aisyah, 2007: 5-20) pemecahan masalah dalam matematika terdiri atas empat
langkah pokok, sebagai berikut :
A. Memahami Masalah
Pada langkah ini, kegiatan
pemecahan masalah diarahkan untuk membantu siswa menetapkan apa yang diketahui
pada permasalahan dan apa yang ditanyakan. Ada beberapa pertanyaan yang dapat
membantu siswa dalam mengidentifikasi unsur yang diketahui dan yang ditanyakan
dalam soal diantaranya sebagai berikut: 1) apakah yang diketahui dari soal, 2)
apakah yang ditanyakan soal, 3) apakah saja informasi yang diperlukan, 4)
bagaimana akan menyalesaikan soal.
B. Membuat Rencana Untuk
Menyelesaikan Masalah
Pendekatan pemecahan masalah tidak akan
berhasil tanpa perencanaan yang baik. Adapun tujuan dari perencanaan pemecahan
masalah ini adalah agar siswa dapat mengidentifikasi strategi–strategi
pemecahan masalah yang sesuai untuk menyelesaikan masalah yang sesuai dengan
permasalahan yang akan dipecahkan.
C. Melaksanakan
Penyelesaian Soal
Jika siswa telah memahami
permasalahan dengan baik dan sudah menentukan strategi pemecahannya, langkah
selanjutnya adalah melaksanakan penyelesaian soal sesuai dengan yang telah
direncanakan. Kemampuan siswa memahami subtansi materi dan keterampilan siswa
melakukan perhitungan – perhitungan matematika akan sangat membantu siswa untuk
melaksanakan penyelesaian soal cerita.
D. Memeriksa Ulang Jawaban Yang Diperoleh
Langkah
memeriksa ulang jawaban yang diperoleh merupakan langkah terakhir dari
pendekatan pemecahan masalah matematika Hudojo (Aisyah, 2007: 5-22). Adapun
tujuan dari langkah ini adalah untuk mengecek apakah hasil yang diperoleh sudah
sesuai dengan ketentuan dan tidak terjadi kontrakdisi dengan yang ditanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar