Pendidikan
memegang peranan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang
berkualitas dan mampu berkompetensi dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi, sehingga pendidikan harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknyauntuk
memperoleh hasil maksimal. Pendidikan hendaknya dikelola baik secara kualitas
maupun kuantitas. Hal tersebut dapat dicapai dengan terlaksananya pendidikan
yang tepat waktu dan tepat guna untuk mencapai tujuan pembelajaran, yang
dilaksanakan dalam bentuk proses belajar mengajar yang merupakan pelaksanaan
dari kurikulum sekolah melalui kegiatan pengajaran.
Banyak sekolah-sekolah yang telah
melaksanakan pembelajaran matematika dengan baik yaitu meningkatkan mutu dan
kualitas peserta didik, pembelajaran matematika yang mudah dan menyenangkan
perlu terus dikembangkan. Berbagai konsep, metode, dan strategi perlu
dikembangkan agar terciptanya pembelajaran khususnya di bidang matematika yang
selama ini dianggap siswa tidak menyenangkan menjadi menyenangkan dan perlu ada
kreatifitas guru. Guru bisa saja memanfaatkan metode pembelajaran matematika
yang berkembang di luar kelas jika memang bisa membantu terciptanya belajar
matematika yang menyenangkan.
Perkembangan pembelajaran matematika
di Indonesia sangat memprihatinkan, karena rendahnya penguasaan teknologi dan
kemampuan sumber daya manusia Indonesia untuk berkompetensi secara global.
Indonesia adalah sebuah negara dengan sumber daya alam yang melimpah. Namun
masih rendahnya kemampuan anak Indonesia di bidang matematika, mereka
beranggapan bahwa pembelajaran matematika itu sulit, serta kurangnya jumlah
pengajar yang mengikuti perkembangan matematika. Sekarang di Indonesia sudah
ada wadah yang peduli pada pelajaran matematika, namanya yaitu YPMI (Yayasan
Peduli Matematika Indonesia) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran dan pengajaran matematika di SD, SMP, SMA di Indonesia.
Dalam kemajuan pembelajaran matematika
sekarang belum mampu menciptakan pemetaan kemampuan siswa di bidang matematika
antar sekolah maupun antar daerah, serta menghasilkan siswa-siswi yang memiliki
kemampuan istimewa di bidang matematika. Sebaiknya pihak sekolah, guru, siswa
dan pemerhati pendidikan, pemerintah, lebih peduli pada pembelajaran matematika
di Indonesia sehingga dapat memberikan dampak yang positif bagi kemajuan
pembelajaran matematika di Indonesia.
Matematika dikenal sebagai ilmu dasar, pembelajaran matematika akan melatih
kemampuan kritis, logis, analitis dan sistematis. Tetapi peran matematika tidak
hanya sebatas hal tersebut, seperti bidang lain, seperti fisika, ekonomi,
biologi tidak terlepas dari peran matematika. Tetapi kemajuan ilmu fisika itu
sendiri tidak akan tercapai tanpa peran matematika dan perkembangan matematika
itu sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar